Sabtu, 26 November 2016

Teknik Dasar Pencak Silat

Teknik Dasar Pencak Silat |Kumpulan-Olahraga| ~ Setelah saya mengulas tentang Sejarah Pencak Silat, Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang Teknik Dasar Pencak Silat, dalam pencak silat ada beberapa bagian teknik yang harus di perhatikan agar gerakan kita luwes, Kokoh dan bertenaga sehingga lawan tidak mudah untuk menjatuhkan kita berikut ini adalah beberapa Teknik dasar yang harus diperhatikan diantaranya : 

1. Teknik Dasar Pencak Silat  ~ Sikap pasang

Sikap Pasang adalah kombinasi sikap kaki dan tangan dengan posisi kuda-kuda atau tanpa kuda-kuda yang diikuti dengan kesiagaan

Mental dan indera secara total. Ditinjau dari penggunaannya, sikap pasang terdiri atas berikut.
  • Sikap pasang terbuka, yaitu sikap pasang dengan tangan, dada, lengan tidak melindungi tubuh.
  • Sikap pasang tertutup, yaitu dengan sikap tangan dan lengan melindungi tubuh
Terdapat beberapa Sikap pasang dalam pencak silat diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Sikap Pasang satu
  2. Sikap Pasang Dua
  3. Sikap Pasng Tiga
  4. Sikap pasang Empat 
Untuk penjelasan mengenai sikap pasang tersebut diatas dapat sobat Baca DISINI


E. Teknik Dasar Pencak Silat ~ Pola langkah pencak silat.

1. Pola langkah lurus

Merupakan gerak langkah yang membentuk garis lurus ,baik langkah maju maupin langkah mundur, yang mana pelaksanaanya dimulai dari salah satu kuda-kuda (kuda-kuda tengah).

2. Pola langkah zikzak 

Merupakan gerak langkah yang membentuk  mata gergaji atau pola zig-zag, yang mana pelaksanaanya dimulai dari sikap pasang dengan pola langkah serong


3. Pola langkah ladam atau huruf  U

Pelaksanaanya dimulai dari sikap awal tegak ,gerakkan kaki kesamping kanan,di ikuti kaki kiri menutup  (merapat),kemudian kaki kiri maju,kaki di tarik kembali dan merapat kemudian di gerakan  samping kiri.kaki kanan ditarik dirapatkan ,kemudian dilangkahkan kedepan,dan kaki kanan ditarik    kembali merapat  seperti sikap awal.

 

4. Pola langkah segi tiga

Pelaksanaanya berdiri di titik 0,geser kaki kanan ke titik 1,ikuti kaki kiri ke titik 2,lanjutkan ke titik  4,lanjutkan juga ke titik 4 dan 5(berat badan di titik 5)tarik kaki kanan ke titik 6,kaki kanan ketitik 7 dengan kuda-kuda depan ,tarik kaki kanan keposisi awal.

 

5. Pola langkah huruf S

Berdiri dengan posisi titik menghadap sesui dengan arah yang di tunjukan,geser kaki kanan ke arah  berat badan ke di kaki kanan,ikkuti kaki kiri, kaki kiri ke titik 3 berat badan di kaki kiri selanjutnya cabut kaki kanan lewati kaki kiri sampai di titik 4,kaki kanan yang di titik 4di titik 5 putar di tempat, sementara kaki kiri yang ada di titik 3 injit,gugus kaki kiri lewat tanda panah dengan jalur titik 6 sampai di titik.

6. Pola langkah segi 4

Pelaksanakannya bisa memakai kombinasi kuda-kuda tengah ,samping,dan belakang.

 

2. Teknik Dasar Pencak Silat  ~ Kuda-kuda


Pencak silat merupakan seni bela diri bangsa indonesia yang sudah turun temurun.Kuda- kuda adalah memperkokoh  atau memperkuat  posisi berdiri di saat kita melakukan penyerangan maupun tangkisan terhadap lawan. Pembentukan sikap dasar pencak silat sikap berdiri  ada tiga yaitu sikap berdiri tegak, sikap kangkang, dan sikap kuda-kuda. Ada 6 kuda - kuda yang mendasari dalam Pencak Silat, yaitu :


1. Kuda-Kuda Depan.

Kuda-kuda depan dibentuk dengan posisi kaki didepan ditekuk dan kaki belakang lurus, telapak kaki belakang serong ke arah luar, berat badan ditumpukan  pada kaki depan, badan tegap dan pandangan kedepan.

2. Kuda-Kuda Belakang.

Kuda-kuda belakang di bentuk dengan bertumpu pada kaki belakang. Tumit yang dipakai sebagai tumpuan tegak dengan panggul, badan agak condong ke depan, kaki depan di injit dengan, menapak dengan tumit atau ujung kaki

3. Kuda-Kuda Tengah

Kuda-kuda ini dibentuk dengan kedua kaki ditekukan dengan titik berat badan berada ditengah.

4. Kuda-kuda samping 

Kuda-kuda ini dilakukan dengan cara 1 kaki ditekuk dan kaki yang lain lurus ke samping, berat badan pada kaki yang ditekuk, bahu sejajar atau segaris dengan kaki.
 
5. Kuda-Kuda Silang Depan
 
Kuda-kuda silang dibentuk dengan menginjakkan 1 kaki ke depan atau kebelakang kaki yang lain, berat badan ditumpukan pada 1 kaki, kaki yang lain ringan sentuhan dengan ibu atau ujung jari kaki.
 
6. Kuda-Kuda Silang Belakang

Kuda-kuda silang belakang  yaitu kuda-kuda dengan salah satu kaki berada di belakang dengan keadaan menyilang dan kaki di tumpukan ke belakang,badan tetap lurus agar tidak jatuh saat melakukan  gerakan tersebut.


 

3. Teknik Dasar Pencak Silat  ~  Pukulan Dalam Pencak Silat


Teknik dasar Pencak Silat yang satu ini merupakan teknik Utama dalam olahraga bela diri seperti Pencak Silat ini karena dalam sebuah ilmu bela diri pukulan merupakan serangan untuk menjatuhkan atau mendapatkan point, dalam Pencak Silat terdapat beberapa jenis pukulan diantaranya adalah :
  1. Pukulan Lurus
  2. Pukulan Bandul
  3. Pukulan Tegak
  4. Pukulan melingkar 
Untuk lebih jelas nya mengenai Macam-macam pukulan diatas dapat sobat baca DISINI
 

4. Teknik Dasar Pencak Silat  ~ Tendangan Dalam Pencak Silat

  1. Tendangan lurus kedepan  yaitu dengan hentakan telapak kaki sejajar dengan bahu
  2. Tendangan melingkar yaitu dengan cara memutar badan dan hentakan punggung kaki 
  3. Tendangan berbentuk huruf T yaitu dengan tendangan samping menggunakan hentakan telapak kaki 
  4. Tendangan samping yaitu menendang dengan punggung kaki.
 
5. Teknik Dasar Pencak Silat  ~ Tangkisan

Tangkisan merupakan bagian yang cukup penting dalam sebuah pertandingan khususnya pada saat bertarung karena tangkisan ini merupakan salah satu cara untuk meredam serangan lawan dalam teknik pencak silat terdapat beberapa jenis tangkisan diantara nya adalh sebagai berikut :

1. Tangkisan Dalam
Tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu
2. Tangkisan Luar
Tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu dengan mengambil bagian dalam dari tangan atau kaki lawan
3. Tangkisan Atas

Tangkisan dari bawah ke atas, untuk melindungi kepala dari serangan lawan yang menyerang dari arah atas
4. Tangkisan Bawah

Tangkisan dari Bawah Ke atas dengan tujuan membuang serangan lawan dan kemudian kita dapat menyerang nya dari arah dalam
Demikianlah ulasan mengenai Teknik Dasar Pencak Silat, Semoga dengan artikel ini dapat memberikan pengetahuan tentang Teknik Dasar Pencak Silat sehingga kita dapat mencetak Atlet-atlet pencak silat yang di segani oleh lawan-lawan nya dan juga agar dapat melestarikan warisan seni bela diri leluhur kita. 


Artikel Terkait Pencak Silat :

1. Sejarah Pencak Silat
2. Teknik Dasar Pencak Silat
3. Macam-macam Sikap Pasang Pencak Silat
4. Macam-macam Pukulan dalam Pencak Silat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik Dasar Pencak Silat

0 komentar:

Posting Komentar