Senin, 28 November 2016

Macam-macam Pukulan dalam Pencak Silat

Macam-macam Pukulan dalam Pencak Silat |Kumpulan-Olahraga| ~ Pencak Silat merupakan salah satu cabang olahraga beladiri yang berasal dari kawasan asi terutama Asia Tenggara dan Khususnya Negara Indonesia, pada awalnya Pencak Silat merupakan beladiri yang harus dikuasai oleh seluruh prajurit kerajaan-kerajaan yang bertujuan untuk mempertahan kan diri dan berperang akan tetapi seiring perkembangan zaman Pencak silat ini perlahan mulai dimasukan kedalam Olahraga Seni Beladiri, Indonesia merupakan salahsatu negara yang dominan dan disegani dalam olahraga Pencak Silat ini karena indonesia memiliki atlet-altet yang cukup berprestasi baik di tingkat Nasional Maupun di tingkat Internasional. Dalam Olahraga pencak silat ini terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai oleh Atlet atau petarung diantaranya adalah Sikap Pasang, Teknik Pukulan dan Teknik Tangkisan.
Sebelumnya kami telah membahas tentang Sejarah Pencak Silat, untuk lebih jelas nya dapat sobat baca DISINI , dan kami juga telah membahas tentang Teknik Dasar Pencak Silat untuk lebih jelas nya dapat sobat lihat DISINI.


Pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan membahas tentang Macam-macam Pukulan dalam pencak silat, Macam-macam pukulan tersebut adalah sebagai berikut :


1. Macam-macam Pukulan dalam Pencak Silat ~ Pukulan Lurus

Pukulan Lurus dalam Pencak Silat merupakan salah satu teknik serangan yang harus dikuasai, pukulan lurus merupakan pukulan yang dilakukan dengan menggunakan salahsatu tangan dengan memukul lurus ke arah depan, sasaran dari pukulan lurus ini adalah bagian dada dari lawan, sedangkan tangan yang satunya menutup arah Point yaitu pada bagian perut ke atas.

2. Macam-macam Pukulan dalam Pencak Silat ~ Pukulan Bandul

Pukulan Bandul dalam pencak silat tidak kalah pentingnya dengan pukulan lurus, Pukulan bandul merupakan teknik pukulan yang mengarah ke bagian Ulu hati dengan mengayunkan kepalan tangan dari arah bawah ke atas dengan sasaran bagian ulu hati, sedangkan untuk tangan yang satunya lagi menutup bagian tubuh yang memungkinkan lawan dapat menyerang balik ke arah tubuh pemukul.

3. Macam-macam Pukulan dalam Pencak Silat ~ pukulan Tegak

Pada Pukulan Tegak ini sasaran utama nya merupakan bagian pundak atau persendian Bahu baik itu sendi bahu sebelah kiri maupun sendi bagian kanan tergantung pada Kondisi lawan bagian kiri atau kanan lawan yang tidak di cover ketika melakukan pertahanan.

4. Macam-macam Pukulan dalam Pencak Silat ~ Pukulan Melingkar

Pada teknik serangan dengan menggunakan pukulan melingkar ini harus dilakukan dengan hati-hati kerana salah salah sedikit saja maka wasit akan menganggap sebagai pelanggaran karena sasaran utama dari serangan pukulan melingkar ini adalah badian Pinggang dan perut jadi salah sedikit saja maka akan mengenai bagian yang dilarang untuk di pukul.


5. Macam-macam Pukulan dalam Pencak Silat ~ Pukulan Samping

Teknik Pukulan samping ini merupakan jenis pukulan yang digunakan ketika lawan berada di samping badan kita baik itu di sebelah kanan maupun di sebelah kiri kita.


Demikianlah pembahasan tentang Macam-macam pukulan dalam Pencak Silat, semoga dengan pembahasan ini kita dapat melestarikan, mengembangkan, dan mencetak atlet pencak silat yang berprestasi di kancah internasional seperti SEAGAMES atau bahkan OLIMPIADE sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional melalui cabang Olahraga Pencak Silat. 

Artikel Terkait Pencak Silat :

1. Sejarah Pencak Silat
2. Teknik Dasar Pencak Silat
3. Macam-macam Sikap Pasang Pencak Silat
4. Macam-macam Pukulan dalam Pencak Silat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-macam Pukulan dalam Pencak Silat

0 komentar:

Posting Komentar