Rabu, 21 Desember 2016

Tugas dan Latihan Untuk menjadi Libero dalam Bola Voli

Tugas dan Latihan Untuk menjadi Libero dalam Bola Voli |Kumpulan -Olahraga| ~ Dalam permainan bola voli terdapat beberapa jenis posisi pemain baik itu pemain yang bertugas untuk melakukan serangan atau pun pemain yang bertugas sebagai pemain Defender atau bertahan, posisi-posisi pada permaini bola voli ini memiliki tugas yang berbeda-beda dan yang paling mecuri perhatian adalah posisi Libero, karena dilapangan untuk pemain yang mengisi posisi sebagai seorang libero memiliki ciri yang khas yaitu kaos team yang digunakan berbeda dengan kaos pemain yang lainnya, sebagai contoh pada pemain yang bertugas sebagai spiker dan setter mengenakan kaos berwarna orange sedangkan untuk pemain yang mengisi posisi sebagai libero harus menggunakan kaos yang berbeda dari kawan se-team nya misalkan warna putih dan warna lainnya (Selain warna Orange).




Pada kesempatan sebelumnya Kumpulan Olahraga telah membahas tentang Posisi-posisi Pemain bola voli untuk lebih jelasnya dapat sobat kunjungi DISINI.
Pada kesempatan kali ini Kumpulan olahraga akan membahas tentang Tugas dan Latihan Untuk menjadi Seorang Libero dalam Bola Voli akan tetapi sebelum kita membahas hal tersebut marilah kita ulas pengertian Libero ini karena mungkin untuk orang yang awam mengenai permainan Bola Voli ini pasti belum mengetahui apa itu pemain Libero pada Bola voli untuk lebih jelas nya marilah kita lihat dibawah ini.

Tugas dan Latihan Untuk menjadi Libero dalam Bola Voli ~ Pengertian Pemain Libero Pada Permainan Bola Voli

Dalam permaian Bola Voli Profesional (Kejuaraan Resmi) baik itu tingkat Porda, PON atau pun yang bertaraf Internasional Posisi libero sangat di perlukan, Apa itu Libero ??? Libero merupakan posisi pemain bertahan yang menempati Hanya pada bagian belakang pertahanan lawan dan bertugas untuk menahan serangan (Servis, Spike, dan bola yang mengarah di daerah pertahanan). seorang libero tidak boleh melewatkan bola dengan cara smash, dan apabila melakukan smash maka dianggap sebagai pelanggaran dan point untuk lawan. 

Tugas dan Latihan Untuk menjadi Libero dalam Bola Voli ~ Kriteria-kriteria yang harus di miliki untuk menjadi seorang Libero.

untuk menempati posisi libero ini seorang pemain harus memiliki kriteria-kriteria dan teknik yang bagus baik itu dalam melakukan receive Servis ataupun receive spike, beberapa kriteria pemain yang dapat mengisi posisi libero ini adalah sebagai berikut :
  1. Memiliki teknik yang bagus terutama dalam melakukan teknik passing bawah dan passing atas.
  2. Memiliki naluri bertahan yang kuat, sehingga dapat mengcover hampir seluruh daerah pertahanan.
  3. Memiliki agilitas / Kelincahan yang bagus, ini bertujuan agar dapat menebak arah datang nya bola apalagi ketika melakukan receive spike lawan.
  4. Memiliki Receive Servis yang baik sehingga bola akan lebih mudah untuk diolah oleh Setter.
Agar dapat memiliki kriteria tersebut maka harus dilakukan latihan yang rutin, berikut ini adalah beberapa cara latihan untuk yang sering digunakan untuk membentuk seorang Libero adalah sebagai berikut :

1. Tugas dan Latihan Untuk menjadi Libero dalam Bola Voli ~ Pemanasan 

Sebelum sobat melakukan latihan dianjurkan untuk melakukan peregangan dan pemanasan terlebih dahulu hal ini bertujuan agar meminimalisir terjadinya cedera, untuk urutan peregangan dan pemanasan dapat sobat baca DISINI.

2. Tugas dan Latihan Untuk menjadi Libero dalam Bola Voli ~ Latihan Pasing Bawah dan Passing atas 

Untuk latihan yang satu ini setiap pemain harus melakukan latihan ini akan tetapi untuk pemain yang berposisi sebagai pemain libero harus benar benar menguasai teknik passing atas dan passing bawah ini, untuk latihan Passing atas dan Passing bawah dapat sobat baca DISINI.

3. Tugas dan Latihan Untuk menjadi Libero dalam Bola Voli ~  Latihan Agilitas (Kelincahan)

Untuk melatih kelincahan sobat dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah dengan Shuttle run, lari reaksi dan latihan latihan kelincahan lainnya. untuk lebih jelas nya dapat sobat baca DISINI.

4. Tugas dan Latihan Untuk menjadi Libero dalam Bola Voli ~ Latihan Receive Servis

Yang paling penting untuk menjadi seorang libero adalah receive servis karena ini merupakan langkah awal dalam melakukan sebuah serangan, untuk melatih receive servis adalah dengan meminta bantuan teman atau pelatih untuk melakukan servis dan sobat dapat menerima servis tersebut baik dengan passing atas dan passing bawah akan tetapi bola hasil receive servis tersebut harus di lambungkan dan diarahkan ke posisi setter.

Demikian lah beberapa Tugas dan Latihan untuk menjadi Libero dalam Bola Voli  yang berhasil kami rangkum semoga sobat bisa menjadi seorang Libero yang handal dan berprestasi aamin..


Artikel Terkait :


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tugas dan Latihan Untuk menjadi Libero dalam Bola Voli

0 komentar:

Posting Komentar